Komunitas Progaming, Software, Perbaikan Komputer, Gaming, Musik, dll
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Like Page
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Musik
Blog Sahabat
┬╗alijenggot

┬╗Tips dan Trik Lengkap
Latest topics
» Contoh Program Aplikasi Sistem Informasi Absen Siswa
Wed Apr 23, 2014 12:33 pm by Admin

» Cara mengedit profil Account
Thu Apr 17, 2014 9:02 am by Admin

» Cara Registrasi Member
Thu Apr 17, 2014 8:01 am by Admin

» Cara membuat Playlist Musik Website dan Blog
Wed Apr 16, 2014 5:21 am by Admin

» Di Butuhkan New Moderator
Tue Apr 15, 2014 11:40 am by Admin

» Memperbaiki Print cannon IP1880 Series
Tue Apr 15, 2014 11:18 am by Admin

» Curhat lepi & kompi disni
Tue Apr 15, 2014 10:05 am by alijenggot

» Program remote destop menggunakan TightVNC
Tue Apr 15, 2014 10:00 am by alijenggot

» Kumpulan Program Teksnisi Komputer
Tue Apr 15, 2014 9:45 am by alijenggot

Keywords

Share | 
 

 Sejarah Pascal

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
Admin
avatar

Posts : 47
Join date : 08.04.14
Age : 29

PostSubyek: Sejarah Pascal   Sat Apr 12, 2014 9:52 pm

Sejarah Pascal

Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Nama Pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan filosofer terkenal abad 17 dari Perancis.

Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemrograman terstruktur.

Dalam waktu singkat, Pascal telah menjadi bahasa yang populer di kalangan pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. Beberapa profesional komputer juga mulai beralih ke bahasa Pascal. Kenyataannya, Pascal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibandingkan dengan bahasa-bahasa komputer tingkat tinggi yang lainnya.

Standar Pascal adalah bahasa Pascal yang didefinisikan oleh K.Jensen dan Niklaus Wirth. Penerapan nyata dari standar Pascal banyak yang berbeda dengan seperti apa yang telah didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth. Standar Pascal di Eropa didefinisiakn oelh ISO (International Standards Organization) dan di Amerika oleh kerjasama antara ANSI (American National Standar Institute) dengan IEEE (Intitute of Electrical and Electronic Engineer).

Beberapa versi dari Pascal yang telah beredar di pasaran, di antaranya UCSD pascal (University of California at San Diego Pascal), MS-Pascal (Microsoft Pascal), Apple Pascal, Turbo Pascal dan lain sebagainya. Sampai saat ini untuk komputer-komputer mikro dan personal, Turbo Pascal merupakan versi bahasa Pascal yang paling populer dan banyak digunakan. Kompiler Turbo Pascal banyak digemari, karena terutama bersifat interaktif, seperti interpreter saja layaknya. Selain itu Turbo Pascal mengikuti definisi dari standar Pascal seperti yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth di Pascal User Manual dan Report. Turbo PASCAL adalah copyright dari Borland Inc. dan dapat digunakan pada sistem operasi PC-DOS, MS-DOS, CPM-86 dan CP/M-80. Berikut yang penulis pakai adalah Turbo Pascal versi 7.0.

Sumber :
a-rang.info

_________________


Sesuatu Akan Terasa Sangat Berharga, Apabila Sesuatu Itu Telah Pergi Dari Hidup Kita. Kesempurnaan Hanya Milik ALLAH Semata


Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://dkcode.indonesianforum.net
 
Sejarah Pascal
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Cyber Community  :: Forum Informatika :: Forum Membahas Semua Jenis Programming :: Forum Membahas Algoritma, pemograman terstruktur dan Pascal-
Navigasi: